src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.8.3/jquery.min.js"type="text/javascript">

Saturday, March 19, 2016

Fakta Tentang kucing




Assalamu’alaikum.wr.wb…

Selamat sore teman, ...., berjumpa lagi dengan tulisan saya, semoga kalian gak bosan yah bacanya, hmmmm… seblum saya tulis tulis panjang kali lebar kali tinggi dan kali aja bermanfaaat, saya ingin tanya  nih, apa hewan kesukaan atau pelihaan kamu di rumah??
Apakah Kucing, anjing, marmut,kelinci,uler, ? kambing atau sapi?? Hahaha…ngaco aja kalau kambing dan sapi lebih tepatnya binatang ternak keles hihihii….. :D , kenapa saya Tanya demikian? Karena hewan peliharaan dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan loh teman, baik dari segi psikologis dan kesehatan, jadi bisa ngilangin stress gitu deh… apalagi liat tingkah lucu hewan peliharaan kita, iiihhh…., bikin GemeeeZZ..!({})
Mungkin kebanyakan orang senang memelihara kucing, termasuk saya juga suka bingiiits hehe.., selain lucu,unyu unyu, dan menggemaskan, Islam juga menganggap kucing sebagai binatang bersih yang dekat dengan manusia dan harus disayangi, karena Rasulullah saw sendiri memelihara dan menyayangi kucing yang Di beri nama “Muezza”,

Kucing belum termasuk hewan yang langka karena keberadaannya masih sering kita jumpai kok di kehidupan sehari hari, dirumah saya sendiri kucing hiliir mudik, wara wiri mencari makan, dengan pasang muka memelas dan eongan manis manjanya berharap sang pemilik rumah  dengan senang hati memberinya makanan, hihiiks... memberi makan kucing termasuk shodaqoh loh, jadi jangan pelit pelit yah sama kucing,.. >:/
Hmmm..  Ngomongin soal Kucing, saya jadi teringat si “Ling ling” Kucing pertama, yang  saya pelihara Dari ia masih kecil sampai udah tua, dia kucing yang penyabar, dan  setiaaaa banget, kemana mana ngintil, dia termasuk kucing yang penurut, tapi kadang ngambekan sih maklum yah kucing cewe hihi.., suka kabur juga kalo habis diomelin, kaburnya sih gak jauh jauh yah palling di rumah midhe/nenek, hihihiiks.. sifatnya dah kayak manusia bangt deh,,uuuhhh….gemesin bangett..,  tapiiii  kini hanya tinggal kenangan antara aku dan Lingling hukss…. :'(  *lebay*, (jadi Curcol dah) hihiiiks…  maaf yah*jadi Baper wkwkkwk…=))
Ok..ok…. Kembali ke leptop!  Kalian Tau gak sih ? dibalik keunyuannya hewan yang satu ini mempunyai fakta fakta lain, yups.. kali ini saya ingin membahas sisi lain dari hewan yang namanya “kucing” .
langsung saja yuk kita Cekidot!
 Fakta yang:
  1. Jika kamu sering mengalami hal dimana kucing menggosokkan badannya ke kaki atau badan kamu, itu berati dia sedang menandai kamu dengan baunya dan menyatakan kamulah pemiliknya dan dia merasa nyaman berada dekat kamu. Hmmm.. *Aleman yak.. ;/
  2. Kucing juga akan membuat tanda territorial tempat kekuasaannya atau tempat tinggal ternyaman bagi dia dengan Urinnya  atau dengan bekas cakaran cakarannya, jika kucing sudah nyaman dengan satu tempat atau satu rumah sejauh apapun dia pergi kemungkinan dia akan balik lagi di tempat yang sama, kecuali tempat atau lingkungan barunya memungkinkan dia untuk mencari nafkah,
  3. Telah dibuktikan juga secara ilmiah bahwa mengelus-elus hewan peliharaan atau kucing merupakan salah satu cara menurunkan tekanan darah kita, Dan bisa mengurangi stress. Jadi patut dicoba tuh Bagi yang tekanan darahnya tinggi. (y)
  4.  Tau gak sih..  Kucing Juga termasuk hewan yang sensitip bingiits, bisa merasakan dan mengetahui Mood atau suasana hati Pemiliknya, dan kadang-kadang itu akan mempengaruhi kucing Juga,
  5. Apakah kalian pernah melihat kucing makan rumput?,,, Dan ternyata itu adalah cara dia memperbaiki pencernaan dan membantu mengeluarkan benda asing atau  rambut yang tertelan dan menumpuk di lambungnya.
  6. Kucing cewe Juga mengalami menstruasi loh hanya saja tidak seperti manusia, *yaiyalah… siklus reproduksinya aja berbeda hihiii..:D , kalau M Nya si kucing disebut “Estrus”, Kucing betina mengalami etrus pertama biasanya setelah umur 5-9 bln atau memasuki masa pubertas bagi kucing, cirri-cirinya adalah apabila si kucing mengeong ngeong keras, berjalan kesana kemari bak Model atau berguling-guling yang bertujuan menarik perhatian kucing jantan agar mau mendeketinya *jiaelaaah sampe segitunya hahaa..=D …, karena Kucing tergolong polyestrus maka hanya terjadi beberapa kali estrus dalam setaun, tidak rutin sperti mamalia lain.
  7. Kucing juga kentut dan  mengalami Mimpi ketika tidur seperti halnya manusia looh…, 
  8. Kucing dapat menyimpan energi dengan cara tidur lebih sering ketimbang hewan lain. Lama tidur kucing antara 12 – 16 jam per hari, Tapi tidak jarang dijumpai kucing yang tidur selama 20 jam dalam satu hari, mangkannya kucing disebut juga hewan pemalas, *kayak si clempush hihiiks….. ;/
    Clempush lagi Bobok
  9. Kucing akan menggoyang goyangkan ekornya ketika sedang heppy,  selain itu ekornya digunakan untuk menjaga keseimbangaan, terutama ketika ia sedang melompat atau berlari.
  10. Kucing mendengkur setiap 26 kali per detik, sama dengan frekwensi mesin disel dalam keadaan idle (tidak sedang bekerja). Dengkuran kucing (purring) tidak selalu menunjukkan bahwa kucing dalam keadaan nyaman. Kucing juga akan melakukan hal yang serupa dan lebih keras pada saat dalam keadaan stres atau kesakitan. 
  11. Kucing termasuk hewan yang sangat bersih bahkan Pada sebuah penelitian kedokteran dan percobaan yang telah di lakukan di laboratorium hewan, disimpulkan bahwa kucing lebih bersih daripada manusia loh… *Waaah kamu kalah tuh.. hihiii…:P :D  Karena Mereka sering merawat diri dengan menjilati bulu bulu mereka, Lidah kucing merupakan alat pembersih yang paling canggih, permukaannya yang kasar bisa membuang bulu-bulu mati dan membersihkan bulu-bulu yang tersisa di badannya Saliva atau air liur mereka adalah agen pembersih yang kuat. tapi dapat memicu alergi pada manusia. Kadangkala kucing memuntahkan semacam hairball atau gulungan rambut yang terkumpul di dalam perutnya. 
  12. Berbagai sumber yang dapat dipercaya dan hasil penelitian laboratorium menyimpulkan bahwa kucing tidak memiliki kuman dan mikroba. Liurnya bersih dan membersihkan. Jikapun ada kuman yang ditemukan saat proses penelitian, kuman itu masuk kelompok kuman yang dianggap sebagai kuman biasa yang berkembang pada tubuh manusia dalam jumlah yang terbatas seperti, enterobacter, streptococcus, dan taphylococcus. Jumlahnya pun kurang dari 50 ribu pertumbuhan. Jadi memang benarkan Hadist Nabi diatas kalau Kucing itu binatang yang Bersih Dan tidak najis.
  13. Menurut Dr. George Maqshud, ketua laboratorium di Rumah Sakit Hewan Baitharah juga mengatakan bahwa, jarang sekali ditemukan adanya kuman pada lidah kucing. Jika kuman itu ada, maka kucing itu akan sakit atau sedang sakit.
  14. Yang menjadi faktor  lain tidak adanya kuman pada tubuh kucing karena ia sangat menjaga kestabilan kehangatan tubuhnya sehingga kucing tidak banyak berjemur dan tidak suka dekat-dekat dengan air, tujuannya agar bakteri tidak berpindah kepadanya.
  15. Pada kulit kucing terdapat otot yang berfungsi untuk menolak telur bakteri, otot itu juga dapat menyesuaikan dengan sentuhan otot manusia.
  16. Saat kucing minum tidak ada satu tetespun air liur yang jatuh.
  17. Kucing dewasa mempunyai 30 buah gigi, 16 buah di rahang atas dan 14 buah di rahang bawah.
  18. Kucing merespon panggilan wanita lebih baik dari pada pria, mungkin karena suara wanita Lebih Cempreng kali yah... hihiiks…
  19. Kucing benci bau parfum jadi kalau kucing kamu bau apek atau tengik Mendingan Dimandiin Aja sekalian, selain parfum Mereka juga membenci aroma jeruk dan lemon Kalo ada aroma itu Pasti dia memilih untuk menghindar deh.
  20. Lidah kucing tidak dapat merasakan manis atau pedas karena kurangnya sensor syaraf perasa di lidah kucing, Manusia mempunyai sekitar 9000 sensor syaraf perasa di lidah, sedangkan kucing hanya mempunyai 473 buah. Nafsu makan kucing sendiri dipengaruhi oleh bau bukan rasa makanan. *kebayang gak sih kalo kucing kepedesan *hihiiks… =D
  21. Kucing memiliki 30 ruas tulang belakang, yaitu 5 kali lebih banyak dari manusia dan  memiliki 230 tulang, yaitu 24 kali lebih banyak dari manusia. #subhanallah Banget yah.. :O
  22. Tulang Kucing Juga Sangat Lentur loh Karena kucing Tidak memiliki Collarbone Atau disebut juga Tulang selangka, Jadi jangan Heran yah kalau kucing bisa memasuki atau melewati cela yang kecilnya setara dengan lebar kepalanya yang bagi kita gak mungkin tapi bagi kucing Mungkin. 
  23. kucing memiliki nose pad yang sangat khas atau kalau dimanusia seperti sidik jari gituh , sehingga tidak akan penah ada dua kucing yang memiliki sidik hidung yang sama.
  24. Kucing memiliki indera penciuman yang tajam 20-80 juta sel olfactory, sedangkan manusia hanya 5-20 juta. Pendengaran kucing juga lebih sensitif dari manusia dan anjing. Batas pendengaran kucing mencapai frekuensi 65 khz, sedangkan manusia 20 khz. 
  25. Kucing memiliki mata yang besar Tapi dia tidak dapat melihat pada kegelapan total, akan tetapi ketajaman matanya pada malam hari sangat baik.. *Sunggu Aneh Tapi Nyata* #:-s Mengapa demikian? Karena Mata kucing memiliki lapisan perefleksi cahaya yang disebut tapetum yang dapat berfungsi untuk memperkuat cahaya yang masuk ke retina yang menyebabkan mata kucing berpendar di malam hari. Lapisan pemantul ini dapat menyerap cahaya 6 kali lebih kuat daripada mata manusia, yang memungkinkan kucing untuk dapat melihat di kegelapan. cakupan pandangan kucing bisa mencapai 185 derajat,
  26. Kucing dapat melompat ke ketinggian 5 kali tinggi badannya
  27. Rata-rata jumlah anak kucing dalam satu kelahiran adalah 2-6 ekor.
  28. umur kucing yang hidup di luar rumah sekitar 3-5 tahun, sementara yang hidup didalam rumah/dipenangkaran umurnya lebih lama dapat mencapai umur 16 tahun.
Okreh teman, mungkin masih banyak fakta fakta lain dari kucing yang belum saya ketahui, tapi hanya itu saja yang dapat saya share mengenai sisi lain dari “kucing” kali ini, semoga bermanfaat yah... See you bye.. >:/


Wassalamu’alaikum.wr.wb...

No comments:

Post a Comment